Subscribe

We'll not spam mate! We promise.

Monday, August 31, 2015

Apa Itu Hidrografi?

Hidrografi menurut International Hydrographic Organization (IHO) adalah that branch of applied sciences which deals with the measurement and description of the features of the seas and coastal areas for the primary purpose of navigation and all other marine purposes and activities, including offshore activities, research, protection of the environment, and prediction services.



Pada intinya hidrografi adalah cabang ilmu yang berkepentingan dengan perngukuran dan deskripsi sifat dan bentuk dasar perairan dan dinamika badan air. Dasar perairan yang dimaksud meliputi batimetri atau topografi dasar laut, jenis material yang ada di dasar laut, dan morfologi dasar laut itu. Sedangkan dinamika badan air meliputi pasang surut dan arus air laut.

Informasi yang didapatkan dari hidrografi utamanya ditujukan untuk :
- Navigasi dan keselamatan pelayaran
- Penetapan batas wilayah atau daerah di laut
- Studi dinamika pesisir dan pengelolaan sumber daya laut.

Pengguna produk hidrografi bisa berasal dari berbagai sektor, seperti transportasi dan navigasi kelautan, pengelolaan kawasan pesisir, eksplorasi dan eksploitasi sumber daya laut, pengelolaan lingkungan laut, rekayasa lepas pantai, serta penetapan hukum laut dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Dua informasi utama yang dihasilkan oleh hidrografi adalah data kedalaman untuk pembuatan peta dasar laut (seabed) dan garis pantai (shoreline). Untuk memperoleh kedua data tersebut perlu dilakukan pemeruman (sounding), pengamatan pasang surut (tide), pengukuran arus laut (current), dan penentuan obstruksi di bawah air sebagai penyusun komponen dasar laut.

Adapun lembaga internasional yang berwenang untuk mengelola dan menyelenggarakan penerbitan berbagai publikasi untuk keperluan navigasi adalah IHO. Lembaga ini dikelola oleh pakar-pakar hidrografi dunia. Di setiap negara, ditunjuk sebuah kantor hidrografi nasional yang diberi kewenangan sejenis untuk wilayahnya. Di Indonesia, lembaga yang berwenang menjalankan tugas sebagai kantor hidrografi nasional adalah Dinas Hidro-Oseanografi (Dishidros) TNI AL.

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 comments:

Post a Comment